Ensiklopedia Islam
Advertisement

"Aku menemukan daging kambing yang diambil tanpa izin dari pemiliknya. Berikanlah kepada para tawanan."

Diriwayatkan oleh Ibn Mandah dalam al-Ma'rifah (2/275/1) telah memberitakan kepada kami Abu Bakr bin Khallad, telah memberitakan kepada kami al-Harits bin Abi Usamah, telah memberitakan kepada kami Mu'awiyah bin Za'idah, telah memberitakan kepada kami Ashim bin Kulaib al-Jarmi, telah menceritakan kepadaku ayahku, bahwa seseorang dari kalangan Anshar telah memberitakan kepadanya yang berkata: "Kami pergi bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam mengantarkan jenazah seseorang dari kaum Anshar, saat itu aku masih kecil, aku bersama ayahku. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam duduk ditepi makam, beliau berpesan kepada penggali kubur: “Lebarkan bagian kepala dan kedua kaki, semoga menjadi dahan baginya di surga.”

Aku (al-Albani) berkata: sanad ini shahih. Diriwayatkan olehnya dan juga Abu Daud (3332) dari dua jalur lain dari Ashim bin Kulaib dari ayahnya, dari seorang kalangan Anshar yang berkata: "Kami pergi bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengikuti jenazah. Saat kembali, kami bertemu seorang utusan wanita Quraisy. Utusan itu mengatakan; 'Sesungguhnya fulanah mengundang anda (wahai Rasulullah) dan orang-orang yang bersama anda untuk makan." Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pun berangkat dan kami berangkat bersamanya. Lalu kami duduk seperti duduknya anak-anak di depan ayah-ayah mereka. Kemudian makanan dihidangkan, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam meletakkan tangan kemudian orang-orang meletakkan tangan. Orang-orang memahami saat beliau mengunyah makanan, itu pertanda beliau tidak membolehkannya. Lalu orang-orang mengangkat tangan dan melalaikan kami. Lalu mereka ingat, dan meraih tangan kami. Kemudian seseorang memukul makanan yang ada ditangannya hingga jatuh, lalu mereka menahan tangan kami, mereka melihat apa yang dilakukan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Beliau membuang dan melemparnya, beliau bersabda; "Aku menemukan.... (matan hadits)."

Advertisement