Ensiklopedia Islam
Advertisement

Muamalah[]

Zakat[]

Dari Ibnu Umar dan Aisyah, bahwasanya Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam menarik (zakat) setengah dinar dari setiap dua puluh dinar lebih dan satu dinar dari empat puluh dinar.[1]

Infak[]

Sedekah[]

Wakaf[]

Hadiah[]

Mahar[]

Aqiqah[]

Dari Ali bin Abi Thalib, ia berkata, "Rasulullah beraqiqah untuk Hasan dengan kambing dan bersabda, 'Wahai Fatimah! Potonglah rambutnya dan sedekahkanlah perak seberat rambutnya.'" Ali berkata, "Setelah aku menimbangnya, beratnya adalah satu dirham atau beberapa dirham."[2]

Jual beli tunai[]

Jual beli kredit[]

Dari Amr bin Syarid, ia berkata: Aku pernah duduk bersama Sa'ad bin Abi Waqqash, kemudian datang Miswar bin Makhramah. Ketika ia meletakkan tangannya pada salah satu pundakku, datanglah Abu Rafi maula Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam yang kemudian berkata, "Wahai Sa'ad, belilah dariku dua rumahku yang ada di kampungmu." Maka Sa'ad menjawab, "Demi Allah, aku tidak akan membelinya." Kemudian Miswar berkata, "Demi Allah, engkau akan membelinya." Sa'ad lalu berkata, "Demi Allah, aku tidak akan menambahimu lebih dari empat ribu dirham dengan mencicil atau tidak tunai." Abu Rafi berkata, "Sungguh, aku akan menerima lima ratus dinar dari penjualannya seandainya aku tidak mendengar Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, 'Tetangga itu lebih berhak karena kedekatannya.' Tentu aku tidak akan menjualnya seharga empat ribu dirham, sementara aku bisa mendapatkan lima ratus dinar." Kemudian Abu Rafi menyerahkan rumah itu kepadanya.[3]

Sewa-menyewa[]

Dari Sa'ad, ia berkata, "Dahulu kami menyewakan tanah dengan (pembayaran) tanaman tani di bantaran parit dan selainnya yang tumbuh di bagian yang dialiri air. Kemudian Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam melarang kami dari hal itu dan memerintahkan kami menyewakannya dengan emas dan perak."[4]

Tukar-menukar (sharf)[]

Utang-piutang (qardh)[]

Qiradh (mudharabah)[]

Syirkah[]

Hudud[]

Catatan[]

  1. HR Ibnu Majah (1781) dan Daruquthni (1919). Al-Irwa (813).
  2. HR Tirmidzi (1439), beliau mengatakan, "Ini adalah hadits hasan gharib." Al-Irwa (1175).
  3. HR Bukhari (2098).
  4. HR Abu Dawud (2943).

Rampaian[]

Advertisement